Author Topic: Manfaat 13 Paritta Pali  (Read 7899 times)

Gunawan S S

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1514
  • Reputasi : 44
  • Siswa Berbaju Putih
Manfaat 13 Paritta Pali
« on: July 04, 2008, 12:53:13 AM »
Paritta dalam Bahasa Pali maksudnya adalah Perlindungan. Tetapi perlindungan yang bagaimana yang dimaksud? Jika salah mengartikannya, maka makna perlindungan bisa dianggap sebagai tahayul belaka. Paritta yang diucapkan oleh Sang Buddha sendiri jumlahnya ada 13 dan pada akhir paritta umumnya dicantumkan kata sacca yaitu kebenaran. Ketigabelas paritta itu kegunaannya berbeda-beda, ada fungsinya masing-masing. Apa saja ketiga-belas paritta itu:

1.Ratana Sutta/Paritta. Untuk menghalau wabah penyakit, hantu jahat, musibah dan mara bahaya, gendam, pengaruh jahat seperti black magic.
2.Karaniyametta Sutta/Paritta. Untuk mendamaikan kondisi lingkungan menjadi tenteram, menyadarkan orang kesurupan, menghindari kebencian, meredakan kemarahan, menenangkan orang yang mau meninggal dunia/koma, menjaga kandungan bayi supaya tidak cacat, menghilangkan rasa takut, membuat tidur menjadi nyenyak.
3.Khandha Paritta. Untuk melindungi diri dari gangguan binatang-binatang buas, seperti: ular, harimau, dan lain-lain. Bagi para petani sangat bagus untuk menghindari hama tanaman.
4.Angulimala Paritta. Untuk membantu para ibu dalam melahirkan anak, menjaga kandungan supaya tidak mudah keguguran dan anaknya tidak cacat.
5.Bojjhanga Paritta. Untuk kesembuhan dari penyakit.
6.Vattaka Paritta. Untuk menghindari bahaya kebakaran/api
7.Dhajaga Paritta. Untuk menghalau rasa takut, cemas, bulu kuduk berdiri, merasa tidak aman dalam tempat-tempat sepi dan menakutkan.
8.Abhaya Paritta. Untuk menghalau rasa takut, melenyapkan mimpi buruk, suara-suara yang menyeramkan, dan sering mengigau sewaktu tidur.
9.Atanatiya Paritta. Untuk melindungi diri dari gangguan makhluk jahat seperti yakkha, dewa jahat.
10.Mora Paritta. Untuk keselamatan dalam berangkat kerja dan pulang kerja, perlindungan pagi dan malam hari.
11.Sakatva Tiratana Paritta. Untuk meningkatkan saddha/keyakinan, dilafalkan pada waktu bingung, tidak tahu apa yang mau dilakukan, untuk menghalau ketakutan, paritta untuk menuntun orang yang mau meninggal dunia atau sakit keras.
12.Mangala Sutta/Paritta. Biasanya dilafalkan pada waktu menempati rumah baru, membuka usaha baru, memasuki kehidupan baru/menikah, agar memperoleh keputusan yang baik dalam rapat.
13.Jaya Paritta. Melafalkan paritta ini agar memperoleh kesuksesan, semangat yang baru. Karena itu biasanya diucapkan pada hari ulang tahun, pada saat membuka usaha baru.
Paritta digunakan untuk mereka yang tingkat saddhanya dan pengetahuan Dhamma-nya masih lemah. Bagi yang saddhanya sudah kuat dan terutama memiliki panca-bala kebanyakan jarang menggunakan itu, karena paritta hanyalah sarana pendahuluan. Jika paritta itu sangat ampuh dan dapat menyelesaikan segala hal, Sang Buddha hanya akan mengajarkan paritta saja. Nyatanya tidak! Setiap ada masalah apakah itu dialami oleh upasaka/upasika atau para bhikkhu, tidak langsung diberi paritta tetapi sutta yaitu ajaran. Yang penting di setiap paritta itu pasti ada ajaran yang mengandung kebenaran.
Sejarah munculnya paritta yang disampaikan oleh Sang Buddha antara lain:
Karaniyametta Paritta. Kasusnya adalah ketika 500 bhikkhu setelah mendapat objek meditasi dari Sang Buddha, mereka mencari tempat untuk bermeditasi, kebetulan di suatu hutan yang dihuni oleh para dewa pohon. Semula para dewa menghormati para bhikhhu dan beranggapan para bhikkhu hanya bermeditasi 1 atau 2 hari saja. Tetapi karena para bhikkhu meditasi berhari-hari, makhluk-makhluk itu menjadi resah. Akhirnya mereka mengeluarkan suara-suara yang menakutkan juga memunculkan bayangan-bayangan yang menyeramkan sehingga mengganggu. Para bhikkhu itu baru menjadi bhikkhu, kekuatan bathinnya pun masih belum kuat sehingga tidak mampu mengatasi rintangan-rintangan tersebut. Para bhikkhu kembali menghadap Sang Buddha, dan Beliau baru mengajarkan Karaniyametta Sutta. Dalam paritta ini diajarkan bagaimana memancarkan cinta kasih kepada semua makhluk. Setelah mendapat Karaniyametta Sutta, dalam perjalanan menuju ke tempat meditasi, para bhikkhu merenungkan, dengan demikan mereka mengembangkan cinta kasih. Begitu tiba di hutan itu, mereka membacakan paritta tersebut. Makhluk-makhluk yang menghuni hutan itu mengerti maksud paritta tersebut sehingga mereka tidak lagi mengganggu. Jadi yang ampuh bukan kata-kata dari paritta itu, tetapi maksudnya (kekuatan dari memancarkan cinta kasih).

Ratana Paritta. Diberikan untuk membersihkan Kota Vesali dari wabah. Wabah tersebut bisa dihilangkan dengan paritta, mengapa? Karena Ratana Sutta mengandung arti betapa berharganya Tiratana (Buddha, Dhamma, dan Sangha). Dalam paritta tersebut ditekankan pentingnya Dhamma, lebih ditekankan lagi yaitu melatih samadhi. Kekuatan samadhi dalam paritta tersebut sangat besar sekali. Di bagian menghormat sangha, diterangkan secara detail tingkat kesucian yang pertama yaitu Sotapanna, bagaimana seseorang yang mencapai sotapanna ia akan bebas dari empat alam menderita, tidak akan melakukan 6 akusalakamma yang berat. Para makhluk yang mendengar menyadari itu merupakan pelajaran yang sangat berharga. Mereka merenungkan dan mencapai tingkat kesucian. Karena itu, Kota Vesali menjadi damai kembali. Saat itu yang membacakan adalah Bhikkhu Ananda sambil membawa mangkuk (patta) Sang Buddha.

Bojjhanga Paritta. Paritta ini sangat terkenal karena jika mengucapkannya akan mendapat kesembuhan. Tetapi arti yang sesungguhnya adalah isi dari paritta tersebut mencantumkan 7 faktor pencerahan. Bagi siapa yang mengetahui ketujuh faktor tersebut, dia akan memperoleh kegembiraan (piti). Setelah ia merasakan piti, darahnya pun menjadi lancar sehingga hormon-hormon bekerja normal. Oran
 
 
   Hak Cipta © 1997-2003 Vihara Jakarta Dhammacakka jaya

Semoga Bermanfaat
Jadilah Pelita bagi dirimu sendiri.
Jadilah Pelindung bagi dirimu sendiri.
Janganlah mengantungkan Hidupmu pada makhluk manapun.
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu.
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu.

Fox Demon

  • Pengawas Thread
  • Murid Senior
  • *****
  • Posts: 1003
  • Reputasi : 19
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #1 on: July 13, 2008, 11:18:24 PM »
Thank you for the postt.....

Gunawan S S

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1514
  • Reputasi : 44
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #2 on: October 14, 2008, 11:38:06 PM »
Keampuhan parita Karaniyametta Sutta.

Namo Buddhaya,

Saya mau cerita kejadian yang saya alami tadi malam jam.19:00 tanggal 14 oct 2008.
Ketika saya dan teman-teman sedhamma (+/-20orang) sedang membacakan paritta Avamangala di kamar Mayat Rumah Duka Jabar Agung Jelambar. Pada saat itu ada salah satu Teman saya ada yang kemasukan arwah (kami sangat Binggung pada saat itu) kemudian kami semua sepakat untuk membacakan Paritta Karaniyametta Sutta dan Jaya Paritta. Pada saat pembacaan Teman saya meronta-ronta sambil mengatakan Panasssss , Tidak bisa di ajak berbicara, tapi kami terus membacakan Paritta tsb dan hasilnya teman Saya pun akhirnya merasa tenang dan dapat di ajak berbicara lagi.

Kesimpulan : saya baru pertama kali membuktikan bahwa Keampuhan dari Paritta adalah sungguh Nyata dan Luar Biasa sekali.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia

Gunawan S S
Jadilah Pelita bagi dirimu sendiri.
Jadilah Pelindung bagi dirimu sendiri.
Janganlah mengantungkan Hidupmu pada makhluk manapun.
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu.
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu.

Sam

  • Pemula
  • *
  • Posts: 68
  • Reputasi : 4
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #3 on: October 17, 2008, 04:12:36 PM »
Kalo  Wang Seng Cou ( Tttg Amitabha ) yg biasa dilafalkan untuk orang meniggal, termasuk paritta Pali gak ???

Thanx

 

Gunawan S S

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1514
  • Reputasi : 44
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #4 on: October 17, 2008, 04:20:20 PM »
Kalo  Wang Seng Cou ( Tttg Amitabha ) yg biasa dilafalkan untuk orang meniggal, termasuk paritta Pali gak ???

Thanx

 

Kayak sich bukan bahasa Pali .............nama nya saja Wang Seng Cou (Mandarin)........ :)
Jadilah Pelita bagi dirimu sendiri.
Jadilah Pelindung bagi dirimu sendiri.
Janganlah mengantungkan Hidupmu pada makhluk manapun.
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu.
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu.

Lien Hua Rue Liang

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 946
  • Reputasi : 17
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #5 on: October 17, 2008, 04:39:53 PM »

DeSPiTe THE MaNy MiLeS BeTWeeN US,
We'RE NeVeR FaR FRoM EaCH OTHeR'S THoUGHtS..
DeSPiTE tHe LIttlE TimE SPeNT 2GeTHeR,
We SH4RE COuNtLeSS PReCiOuS M0meNTS..
LoVe iS MeaSUReD NoT By HoW OFteN wE MeeT,
BuT bY HoW MuCH IMPoRTanCE We PLaCe oN Us ratHeR THaN YoU oR Me..

By Luis :D

Sam

  • Pemula
  • *
  • Posts: 68
  • Reputasi : 4
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #6 on: October 17, 2008, 05:44:55 PM »
Yup benar sekali

Sam

  • Pemula
  • *
  • Posts: 68
  • Reputasi : 4
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #7 on: October 17, 2008, 05:49:18 PM »
Thanx atas jawabannya.

Btw bagaimana caranya tuk mengedit post kita sendiri ?????

Xie - xie

Lien Hua Rue Liang

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 946
  • Reputasi : 17
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #8 on: October 18, 2008, 01:07:50 PM »
emang gak bisa diedit, guruu
hehehe
kalo emang penting banget bisa hubungin moderator untuk membantu mengedit
xie2
_/|\_

DeSPiTe THE MaNy MiLeS BeTWeeN US,
We'RE NeVeR FaR FRoM EaCH OTHeR'S THoUGHtS..
DeSPiTE tHe LIttlE TimE SPeNT 2GeTHeR,
We SH4RE COuNtLeSS PReCiOuS M0meNTS..
LoVe iS MeaSUReD NoT By HoW OFteN wE MeeT,
BuT bY HoW MuCH IMPoRTanCE We PLaCe oN Us ratHeR THaN YoU oR Me..

By Luis :D

Sam

  • Pemula
  • *
  • Posts: 68
  • Reputasi : 4
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #9 on: October 22, 2008, 06:09:36 PM »
Thanx Guru

Xie - xie

Kaza

  • Murid
  • **
  • Posts: 491
  • Reputasi : 11
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #10 on: October 22, 2008, 09:01:33 PM »
kl ta pei chou trmsk bhs pali kah??
trz manfaatnya apa yaa??
ama paritta prajna paramitta khasiatnya apa ya??
thx be4..
Face the fact eventhough it's hard n hurt
Learn from the past..
Don't make a same misatake again..
Time will reveal everything..

Gunawan S S

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1514
  • Reputasi : 44
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #11 on: October 23, 2008, 11:59:02 PM »
Quote
kl ta pei chou trmsk bhs pali kah??

Bro Kaza yang baik "Ta pei chou" kalau tidak salah bahasa Mandarin.

Maap Kalo salah..... ;D

Thanks & Best Regards
Gunawan S S
Jadilah Pelita bagi dirimu sendiri.
Jadilah Pelindung bagi dirimu sendiri.
Janganlah mengantungkan Hidupmu pada makhluk manapun.
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu.
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu.

maggie

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1329
  • Reputasi : 12
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #12 on: October 24, 2008, 10:25:30 PM »
guru2..klu boleh tau..kan yang namany hidup itu pasti ada karma buruknya..nah...klu yang namany karma buruk berbuah gak pernah bs menghindar..

pertanyaannya...:D
klu karma buruk berbuah...apa manfaat dr baca paritta pali tersebut?kan ttp bakalan kena karma buruk tersebut gitu..

maaf klu sedikit membingungkan..hehe..klu gak ngerti tny saya lagi aja..;D
Thanks anyway...


BBU all^^

d4v3_4ever

  • Murid
  • **
  • Posts: 409
  • Reputasi : 0
  • Buddha Bless Us
    • D4v3_4ever
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #13 on: March 18, 2009, 05:17:19 PM »
Quote
kl ta pei chou trmsk bhs pali kah??

Bro Kaza yang baik "Ta pei chou" kalau tidak salah bahasa Mandarin.

Maap Kalo salah..... ;D

Thanks & Best Regards
Gunawan S S

klo maha karuna darani bahsa pali kn??

hehe mav klo salah :D
Kehidupan seperti deretan tuts piano,
Putih = Kebahagiaan
Hitam = Kesedihan
Yang telah di rancang menjadi deretan melodi yang indah,...

Gunawan S S

  • Murid Senior
  • ***
  • Posts: 1514
  • Reputasi : 44
  • Siswa Berbaju Putih
Re: Manfaat 13 Paritta Pali
« Reply #14 on: March 18, 2009, 10:06:04 PM »
@Atas = Maha Karuna Dharani bahasa Sansekerta.... Krn saya belum pernah mendengar dalam bhs Pali....

Thanks & Best Regards
Gunawan S S
Jadilah Pelita bagi dirimu sendiri.
Jadilah Pelindung bagi dirimu sendiri.
Janganlah mengantungkan Hidupmu pada makhluk manapun.
Peganglah Dhamma sebagai Pelitamu.
Peganglah Dhamma sebagai Pelindungmu.

 

Please do not spam this forum. this is a Buddhist Forum.... _/\_