Author Topic: Anapanasati  (Read 954 times)

Sariputta

  • Pemula
  • *
  • Posts: 59
  • Reputasi : 3
Anapanasati
« on: December 26, 2008, 09:08:12 AM »
LATIHAN DASAR MEDITASI DENGAN OBJEK ANAPANASATI

Hal yg pertama kali yg harus dipersiapkan sebelum meditasi adalah posisi duduk kita. Punggung harus tegak tetapi tidak tegang. Setelah itu relakskan seluruh badan kita dari kepala sampai kaki. Dan usahakan ruangan meditasi kita memiliki sirkulasi udara yang baik. Dan usahakan jangan di kamar tidur atau diranjang karena hal ini akan memudahkan pemula menjadi malas atau mengantuk.


Dalam mengamati sentuhan keluar masuk nafas yg menjadi titik sentuh adalah antara ujung hidung dan bibir bagian atas, sentuhan masuk dan keluar inilah yg diperhatikan. Kadang kadang kala titik sentuh ini sukar diperhatikan, jika demikian rasakan saja sentuhan masuk dan keluar nafas pada sekitar ujung hidung. Dalam hal ini harus dipilih mana yg lebih gampang diperhatikan lalu konsisten berlatih dengan terhadap objek yg diperhatikan.

Ada beberapa cara untuk memudahkan saat2 awal berlatih anapanasati agar konsentrasi dapat mudah berkembang :

1. Pada saat awal bisa menggunakan hitungan 1 sampai 8 misalnya masuk dihitung 1 keluar 2 , masuk 3 dst. Patut diingat hitungan tidak boleh kurang dari 4 atau lebih dari 8. Mengapa demikian? apabila meditator hanya menggunakan sampai hitungan 2 akan membuat batin menjadi malas dan lamban karena kurangnya perhatian. apabila lebih dari 8 pada akhirnya meditator hanya akan terpaku pada hitungan.

2. Ada cara lain yg biasa digunakan oleh pemeditator dari Thailand yaitu dengan menyebut BUDDHO. Jadi saat nafas masuk menyebut dalam hati BUD saat keluar DHO. Jika pikiran melantur maka dalam batin bisa dikeraskan BUD...DHO saat keluar masuk nafas.

Kedua hal diatas patut diingat bahwa itu hanyalah STARTER saja agar konsentrasi pada keluar masuk nafas bisa berkembang, apabila konsentrasi sudah baik maka kedua cara yg digunakan diatas harus ditinggalkan.

Apabila meditator bisa dengan mudah langsung mengamati keluar masuk nafas tanpa menggunakan kedua cara sebagai STARTER itu adalah yg terbaik.

Patut diingat pula dalam latihan meditasi samatha bhavana dengan objek anapanasati, panjang pendeknya nafas tidaklah menjadi perhatian, atau mengikuti nafas sampai ke paru2. JADI hanya mengamati keluar masuk nafas saja pada sekitar titik sentuh. Ini adalah tugas utama pemeditator.

Kadangkala ketika konsentrasi mulai berkembang dengan baik, nafas menjadi sedemikian halusnya hingga meditator sulit merasakan keluar masuk nafas tadi dalam hal ini jangan panik atau mencari2 nafas. Cukup sadari, tenang dan tetap fokus pada titik sentuh diujung hidung tunggulah beberapa saat, pasti nafas itu akan muncul lagi. JIka meditator panik ataupun mulai mencari-cari nafas maka konsentrasi yg telah dibangun akan pecah.

Dalam perjalanan meditasi dengan objek anapanasati bisa muncul berbagai sensasi2, atau piti dsb. Dalam hal ini meditator HANYA menyadari  saja dan mengabaikannya dan terus memperhatikan keluar masuk nafas saja. Inilah yg dimaksud melakukan pekerjaan sampai tuntas. Tuntasnya sampai dimana? sampai munculnya patibhaga nimitta. apa itu patibagha nimitta dan kapan beralihnya perhatian terhadap objek silakan berlatih lebih terdahulu......


Smoga bermanfaat.


 

Please do not spam this forum. this is a Buddhist Forum.... _/\_